Dampak positif dan negatif internet bagi kita

 1. Dampak negatif :Penggunaan internet yang lama tersebut adalah untuk kesenangan, bukan untuk kepentingan belajar. Kecanduan tersebut dapat memberikan sejumlah dampak negatif bagi remaja, seperti menurunkan minat belajar, perubahan mental dan perilaku, ketidakseimbangan emosi, halusinasi, hingga gangguan jiwa berat.

2. Dampak positif : memudahkan mendapatkan Informasi yang bermanfaat peserta didik, membantu dalam menyelesaikan masalah dan tugas peserta didik, mendapat sarana hiburan bagi peserta didik, memudahkan dalam berbisnis bagi peserta didik, memudahkan proses komunikasi bagi peserta didik, mempermudah sarana ...

Internet pada Remaja

Berikut ini beberapa dampak negatif internet pada kesehatan mental remaja, jika digunakan berlebihan:


1. Memicu Kecemasan, Kesedihan, dan Depresi

Remaja yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dunia maya secara bertahap menarik diri dari dunia nyata. Mereka jadi tergantung pada internet untuk merasa optimis, diterima, dan didengar. Lalu, ketika mereka tidak dapat mengakses internet, mereka mulai mengalami kecemasan, kesedihan, dan depresi.


2. Tidak Bisa Mengatur Waktu

Remaja menggunakan internet untuk melakukan banyak hal seperti mencari informasi, berkorespondensi, dan melakukan transaksi keuangan. Namun, dalam kasus kecanduan internet, mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk menjelajah, atau bermain game, alih-alih melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. 


Ini dapat menimbulkan dampak negatif, karena membuat mereka tidak menyadari berapa lama waktu yang mereka habiskan untuk menggunakan internet. Akibatnya, mereka kehilangan jejak waktu di dunia nyata. Rutinitas belajar dan hal penting lainnya jadi terabaikan.


3. Kurang Tidur

Sebagian besar anak-anak dan remaja saat ini memiliki smartphone dan/atau tablet, yang mereka bawa ke mana pun mereka pergi, bahkan ke tempat tidur. Mereka juga menggunakan perangkat ini untuk terhubung ke internet sebelum tidur untuk mengetahui apa yang terjadi di sekitar mereka. 


Kebiasaan ini dapat memiliki dampak negatif karena membuat anak terus menjelajah dengan internet selama berjam-jam. Akibatnya, mereka menderita masalah terkait tidur seperti waktu tidur yang terlambat, tidur yang tidak cukup atau gelisah, dan waktu bangun yang terlambat. Kurang tidur juga dapat memperburuk atau memperbesar gejala kecemasan dan depresi.


4. Isolasi Sosial

Remaja yang menghabiskan banyak waktu di internet cenderung menjadi bagian dari satu atau beberapa komunitas online. Mereka akhirnya mengembangkan persahabatan dekat dengan banyak orang.


Untuk tetap terhubung dengan orang-orang ini, ia harus tetap online selama berjam-jam dan sering kali berakhir dengan perasaan terputus dari keluarga dan teman-temannya di dunia nyata.


5. Ketidakjujuran dan Kebohongan

Dampak negatif lainnya dari penggunaan internet berlebihan adalah memicu ketidakjujuran dan kebohongan. Remaja yang kecanduan internet mungkinmengerti bahwa mereka memiliki masalah. 


Namun, ketika dihadapkan atau ditanyai oleh anggota keluarga atau teman, mereka mencoba menyembunyikan kebiasaan mereka dengan berbohong atau tidak jujur tentang waktu yang mereka habiskan di internet.


6. Perubahan Suasana Hati

Remaja yang kecanduan internet menggunakan internet untuk mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati mereka. Mereka merasa senang atau euforia ketika terhubung dengan internet.


Terlepas dari dampak negatif di atas, hadirnya internet juga memiliki sisi positif, yaitu:


Memudahkan Komunikasi Jarak Jauh

Internet menghadirkan kemudahan untuk menghubungkan orang-orang dari berbagai daerah dengan jarak yang jauh sekalipun. Dengan kata lain, berkomunikasi melalui internet tidak terbatas oleh jarak dan waktu.


Mudah Menemukan Informasi

Internet memiliki berbagai macam informasi dalam bentuk tulisan, foto, dan video. Semua informasi tersebut dapat dicari di internet sesuai dengan kebutuhan kita.


Transaksi Bisnis Jadi Praktis

Internet dapat mendukung kegiatan bisnis berjalan secara online. Sehingga, kegiatan transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan menguntungkan bagi para pelaku bisnis di berbagai sektor.


Terciptanya Sistem Remote

Hadirnya internet juga mendukung kegiatan bekerja yang bisa dilakukan dengan jarak jauh atau yang biasa disebut dengan sistem remote. Dengan adanya internet, banyak pekerja yang tidak perlu lagi datang ke kantor alias dapat bekerja di mana saja selama terhubung dengan internet.


Memudahkan Akses ke Berbagai Layanan

Internet juga bisa membantu kita untuk mengakses berbagai layanan yang disediakan oleh pemerintah secara online. Sehingga, kita tidak perlu berkunjung langsung untuk memperoleh informasi yang diinginkan.


Banyak Konten Hiburan

Internet dapat memberikan hiburan dalam berbagai bentuk. Hal ini didukung oleh kehadiran berbagai platform hiburan, salah satunya YouTube yang menyediakan beragam konten menarik, mulai dari video musik, vlog, informasi, tips dan trik, serta video lainnya yang bisa menghibur pengguna.


Mengenal Budaya Baru

Internet membantu kita untuk memperluas pengetahuan mengenai ragam budaya di seluruh dunia. Internet juga dapat membantu kita untuk mempromosikan kekayaan budaya Indonesia ke seluruh dunia.


Mendapat Informasi Ter-update

Dengan internet, beragam informasi jadi lebih cepat dan mudah tersebar, terlebih lagi dengan hadirnya portal berita online dan media sosial. Informasi tersebut sangat penting untuk memantau situasi di sekitar kita. Tetapi hati-hati ya, jangan sampai Kamu terjebak berita hoax!


Tempat untuk Berkarya

Berkat kehadiran internet, karya dan kreativitas setiap individu dapat diwadahi dan dinikmati secara luas. Karya-karyanya pun beragam, mulai dari tulisan,


foto, video, dan lain-lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan

Dampak media sosial